Terupdate
{"ticker_effect":"slide-v","autoplay":"true","speed":3000,"font_style":"bold"}

Forum Diaspora Indonesia di Jepang Nilai Rachmad Gobel Layak Jadi Capres 2024

PARADIGMA.CO.ID – Forum Diaspora Indonesia di Jepang (FORDISIA) menggelar diskusi internal secara daring di Jepang, Senin (13/6). Kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi peran aktif para diaspora Indonesia di Jepang dalam mengakselerasi pembangunan nasional khususnya di masa pasca pandemi.

“Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa para diaspora Indonesia, baik itu pekerja migran, mahasiswa, atau pun pengusaha memiliki kekuatan untuk berkontribusi lebih nyata dalam mengakselerasi pembangunan di tanah air, selain hanya dari sekeder memberikan pemasukan berupa devisa kepada negara,” ujar Koordinator Fordisia, Reza Rustam dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/6).

Mahasiswa pasca sarjana di Hiroshima University ini, menjelaskan, berbagai pengalaman, pengetahuan, keterampilan, dan network internasional selama tinggal di Jepang tentu memberikan peluang bagi masyarakat Indonesia yang tinggal atau pernah tinggal di Jepang untuk berbuat lebih bagi kemajuan bangsa.

Namun, ada hal yang menarik yang muncul dalam diskusi tersebut. Selain menghasilkan beberapa poin pemikiran tentang hal-hal yang dapat dilakukan oleh para diaspora Indonesia untuk mendukung pembangunan nasional di masa pasca pandemi ini, peserta juga mendiskusikan tentang peluang diaspora atau mantan diaspora Jepang untuk berlaga di Pemilu 2024 baik untuk Pemilu legislatif, Pilkada, maupun Pilpres.

Pada poin ini, muncul nama Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel sebagai sosok yang layak untuk maju pada kontestasi Pilpres 2024.

“Dalam diskusi tersebut, Rachmad Gobel dinilai layak maju di Pilpres 2024, karena kepribadian dan relasi bisnis dengan berbagai perusahaan-perusahaan besar di Jepang yang beliau miliki,” jelas Reza.

Padahal, menurut Reza, membangun relasi bisnis dengan masyarakat Jepang sangat tidak gampang, karena standarnya tinggi.

“Artinya Pak Gobel ini sosok yang mengedepankan kualitas, kedisiplinan, dan kesetiaan dalam menjalankan usahanya. Dan ini kan memang karakter yang perlu dijunjung oleh siapapun yang tinggal di Jepang, termasuk kita orang Indonesia,” katanya.

Selain itu, adanya relasi bisnis dengan Jepang ini menunjukkan bahwa Gobel memiliki perspektif global, hal ini sangat penting di era Industri 4.0 yang cepat dan terbuka untuk memajukan perekonomian Indonesia saat ini.

“Dengan kepribadian tersebut, ditambah dengan berbagai relasi internasional dengan perusahaan-perusahaan besar di Jepang, seyogyanya beliau bisa memajukan perekonomian khususnya di bidang perdagangan dan industri di tanah air,” harap Reza yang juga aktif dalam mengadvokasi perlindungan pekerja migran Indonesia di Jepang.

Dengan demikian, menurut Reza, Rachmad Gobel sosok yang sangat layak untuk maju di Pilpres. Pihaknya pun akan mengadakan diskusi dengan mengundang diaspora lebih banyak lagi untuk memperkuat dukungan terhadap Rachmad Gobel.

“Terkait wacana nama Pak Gobel ini, kami akan adakan forum yang lebih besar karena kami menilai secara objektif bahwa beliau ini sosok yang layak untuk memimpin negeri. Setidaknya ini menjadi salah satu sumbangsih dari kami sebagai para diaspora Indonesia di Jepang. Soal apakah beliau bisa terpilih atau tidak tentu kan itu biarkan masyarakat Indonesia seluruhnya yang menilai dan memutuskan,” jelasnya.

Sementara itu, Feri Fahrianto, salah satu peserta diskusi mengutarakan bahwa munculnya nama Rachmat Gobel tersebut karena sosoknya cukup dikenal oleh para warga Indonesia di Jepang. Feri yang merupakan mahasiswa doktoral Fukuoka University ini menilai namanya muncul dalam diskusi ini sangat wajar karena dia juga merupakan Ketua Persatuan Alumni dari Jepang (PERSADA).

“Bagi kami para pelajar/ mahasiswa Indonesia di Jepang, beliau ini sosok yang inklusif dan bersahabat. Dalam berbagai kesempatan, beliau meluangkan waktu untuk diskusi dengan kami di forum-forum informal dengan para pelajar Indonesia dan pekerja migran kita di Jepang. Beliau pernah menjadi Menteri Perdagangan di Kabinet Pak Jokowi periode pertama dan saat ini menjabat Wakil Ketua DPR RI. Jadi jika melihat rekam jejak tersebut wajar jika nama beliau muncul dalam diskusi kami,” tutur Feri.

FORDISIA berencana untuk mengadakan diskusi lanjutan dengan peserta yang lebih besar untuk membahas hasil-hasil diskusi tersebut, termasuk posibilitas mengusung sosok Rachmad Gobel dalam Pilpres 2024 nanti.

“Ya itu kan baru sekedar wacana saja yang muncul dalam diskusi, hasilnya perlu bahas lagi dalam forum yang lebih besar tentunya. Karena kan forum tersebut tidak untuk mengambil sikap apapun,” ujarnya.[]

Vinkmag ad

Read Previous

Menpora Amali Kick-Off Sosialisasi UU Keolahragaan

Read Next

Pleno III HMI MPO Putuskan Aceh Jadi Tuan Rumah Kongres ke-33

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.