Terupdate
{"ticker_effect":"slide-v","autoplay":"true","speed":3000,"font_style":"bold"}

Hari Unagi Nasional, Warga Jepang Nikmati Paduan Unagi dengan Nasi Goreng di Acara Taste of Indonesia

PARADIGMA.CO.ID– Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menggelar kegiatan promosi bertajuk “Taste of Indonesia: Unagi Kabayaki and Nasi Goreng” di kawasan Pasar Ikan Tsukiji, Tokyo pada Sabtu, 2 Juli 2022 yang dihadiri oleh pencinta kuliner dan pelaku usaha perikanan di Jepang. Kegiatan ini bertepatan dengan Hari Unagi Nasional yang diperingati setiap musim panas di Jepang.

Saat membuka kegiatan, Duta Besar Repubik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menyampaikan bahwa promosi ini merupakan salah satu upaya untuk memperkuat ekspor produk perikanan dan rempah-rempah Indonesia ke Jepang.

“Musim panas telah tiba, ini saatnya masyarakat Jepang mengkonsumsi lebih banyak unagi atau sering disebut ikan sidat di Indonesia. Kami ingin produk unagi dari Indonesia lebih dikenal dan digemari oleh konsumen di Jepang. Kali ini unagi kita padukan dengan nasi goreng Indonesia, rupanya warga Jepang menyukainya,” terang Dubes Heri yang didampingi Atase Perdagangan KBRI Tokyo Arief Wibisono.

“Melalui acara ini, KBRI Tokyo sekaligus mempromosikan program Spice-up the World sebagai bagian memperkenalkan produk rempah-rempah Indonesia kepada publik Jepang. Promosi harus terus dilakukan walaupun di tengah pandemi, bahkan ditambah unsur edukasi, karena Trade, Tourism and Investment merupakan elemen yang terkait erat satu sama lainnya” tambah Dubes Heri.

Kitada-san, Ketua Asosiasi Pedagang Tsukiji menyambut baik kolaborasi promosi ini. ”Kami berkeinginan upaya-upaya seperti ini dapat dilanjutkan bersama ke depannya, karena akan menguntungkan kedua belah pihak, baik Indonesia maupun juga Jepang khususnya kami di pasar Tsukiji,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, selain promosi produk Indonesia seperti unagi, rempah-rempah, kerupuk dan produk minuman kemasanIndonesia, KBRI Tokyo juga melakukan promosi destinasi wisata prioritas Indonesia serta penampilan kesenian Indonesia.

Selama masa pandemi, KBRI Tokyo dengan seluruh pemangku kepentingan terkait baik ITPC Osaka, IIPC Tokyo, Bank Indonesia Tokyo, BNI Tokyo, Garuda Indonesia dan Pertamina terus melakukan kegiatan promosi yang terintegrasi baik untuk sektor perdagangan, investasi maupun pariwisata.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah oleh KBRI Tokyo, Ekspor produk unagi Indonesia ke Jepang pada 2021 mencapai USD 0,96 juta. Sedangkan ekspor produk rempah-rempah Indonesia ke Jepang pada 2021 mencapai USD 17,87 juta dengan tren peningkatan sebesar 3,8% selama lima tahun terakhir.[]

Vinkmag ad

Read Previous

Erwin Moeslimin Hingga Djarot Saiful Hidayat Diusulkan PDIP Jadi Menpan RB

Read Next

Didampingi Ganjar, Menpora Amali Resmi Buka PeSONas 2022

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.